Senin, 15 Februari 2021

Web Catalog dan Web Store

 Sebagian besar penjual e-commerce membentuk situs bisnis ritelnya dalam website, entah peritel besar seperti Amazon.com, atau peritel web kecil untuk barang-barang khusus, memiliki fokus utama untuk mengembangkan, mengoperasikan, dan mengelola web mereka agar dapat menjadi tujuan utama bagi para pelanggan yang akan berulang-ulang memilih masuk ke situs mereka untuk membeli produk dan jasa. Jadi, situs web store ini harus dapat menunjukkan berbagai faktor utama untuk keberhasilan e-commerce.

Begitu telah membangun situs web, maka situs tersebut harus dikembangkan sebagai bisnis ritel web dalam berbagai cara agar dapat menarik pengunjung ke situs tersebut dan mengubahnya menjadi pelanggan web yang loyal. Selain itu, juga dapat mendaftarkan situs web ke mesin-mesin pencari web dan direktori utama untuk membantu para peselancar web menemukan situs anda dengan lebih mudah.

Tentu saja, web store harus tampak dan terasa menarik, ramah, serta efisien sebagai toko web. Hal itu berarti harus memiliki berbagai fitur e-commerce seperti secara dinamis mengubah dan memperbarui katalog multimedia, mesin pencari katalog yang cepat, dan sistem kereta belanja yang nyaman, yang diintegrasikan dengan informasi belanja web, promosi, pembayaran, pengiriman, serta rekening pelanggan. Software pemrosesan pesanan e-commerce harus cepat dan dapat menyesuaikan diri dengan promosi yang dipersonalisasi serta pilihan pelanggan seperti penanganan hadiah, diskon khusus, pembayaran kartu kredit atau yang lain-lainnya, serta berbagai alternatif pengiriman dan pajak. Selain itu, mengirim secara otomatis pemberitahuan email ke pelanggan anda untuk mendokumentasikan saat pesanan diproses dan dikirim adalah fitur layanan pelanggan paling penting dalam pemrosesan transaksi peritel elektronik.

Biasanya e-commerce antara perusahaan dengan pelanggan (B2C) berpindah dari hanya menawarkan informasi multimedia atas perusahaan di situs web perusahaan (brochureware), menjadi penawaran produk dan jasa di situs pajangan web melalui katalog elektronik dan transaksi penjualan online.

Katalog web adalah produk multimedia yang menarik. Hal ini dapat berkisar dari pengalaman belanja yang menyenangkan melalui audio, video, dan grafik bergerak hingga tampilan dan rasa yang lebih sederhana dan nyaman. Jadi, sebagian besar situs e-commerce peritel, memungkinkan pelanggan menjelajahi berbagai bagian produk.

Jadi, mereka dapat menawarkan sebuah situs belanja melalui katalog dan pemesanan untuk berbagai produk dari banyak pemasok dalam sebuah industri. Atau, mereka dapat berfungsi sebagai tempat jual beli untuk membeli proses lelang, atau harga tawaran. Jenis-jenis pangsa pasar e-commerce melalui katalog web antara lain :

1. One to Many : Pangsa pasar di sisi penjualan. Supplier utama yang menentukan penawaran katalog produk dan harga. Contoh: Cisco.com dan Dell.com.

2. Many to One : Pangsa pasar di sisi pembelian. Menarik beberapa supplier menjadi rekanan bisnis untuk melakukan pertukaran penawaran pada bisnis dari pembeli utama seperti GE atau AT&T.

3. Some to Many : Pangsa pasar di distribusi. Persatuan supplier utama, yang mengkombinasikan katalog produk mereka untuk menarik audien pembeli yang lebih banyak. Contoh: VerticalNet dan Works.com.

4. Many to Some : Pangsa pasar perolehan. Persatuan pembeli utama, yang mengkombinasikan katalog pembelian mereka untuk menarik lebih banyak supplier dan kemudian lebih berkompetisi dan harga pun menurun. Contoh: The Auto Industry’s Covisint dan Energy Industry’s Pantellos.

5. Many to Many : Pangsa pasar pelelangan digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli atau penjual sehingga harganya optimal dinamis. Contoh : eBay dan FreeMarkets.

Selain itu, integrasi dari aplikasi e-commerce yang dijalankan melalui web dalam serta operasi katalog, telah membantu untuk meningkatkan lalu lintas di toko fisik serta meningkatkan produktivitas bisnis katalog dan rata-rata ukuran pesanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar